Bagi Lembaga / perusahaan / organisasi

  • Dapat mengenal kualitas siswa yang belajar dan bekerja di Lembaganya
  • Dapat memberi tugas kepada siswa untuk menggali ilmu pengetahuan yang di dapat dari sekolah dengan yang ada di Lembaganya.
  • Dapat berpartisipasi dalam rangka pembangunan pendidikan.

Bagi sekolah

  • Terjaminnya tujuan pendidikan kearah keahlian profesional
  • Terdapat kesesuaian antara program sekolah dengan kebutuhan lapangan kerja
  • Memberikan kepuasan bagi sekolah karena siswanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan di industri.

Bagi siswa

  • Setelah tamat siswa memiliki keahlian profesional sebagai bekal siswa untuk meningkatkan taraf hidup dan mengembangkan dirinya.
  • Keahlian yang diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri siswa selanjutnya mendorong siswa untuk mencapai keahlian profesional pada tingkat yang lebih tinggi.
  • Mengenali / mengetahui kebutuhan pekerjaan di tempat Praktik Kerja Industri.
  • menyesuaikan (menyiapkan) diri dalam menghadapi lingkungan kerja setelah mereka menyelesaikan studinya.
  • menyajikan hasil – hasil yang diperoleh selama PRAKERIN dalam bentuk laporan PRAKERIN.